Belajar Asyik Budaya Jawa di Museum Sonobudoyo


Luhurnya budaya Jawa yang tersaji dengan cantik di Museum Sonobudoyo seringkali dilupakan anak muda. Padahal identitas manusia tidak bisa lepas dari akar budayanya. Cara berpikir, cara berpakaian, hingga perilaku kita seringkali tidak lepas dari pengaruh budaya. Sayangnya, seringkali kita menganggap budaya tersebut sebagai sesuatu yang sudah ada dari sananya. Faktanya, budaya memiliki akar dan terus berevolusi seiring dengan perkembangan zaman. Terkadang, terdapat pula budaya Jawa yang dianggap tidak masuk akal. Namun ternyata, hal tersebut ternyata memiliki sejarah yang sangat bermakna. Oleh karena hal ini, sebagai seorang pemuda yang masih akan terus berkembang dan menjadi tumpuan bangsa, tidak ada salahnya mempelajari budaya salah satu suku di Indonesia ini.

Liku-liku Perjalanan Orang Jawa yang Tergambar di Museum Sonobudoyo


Museum budaya Jawa Sonobudoyo merupakan salah satu museum kebudayaan Jawa dengan koleksinya yang sangat lengkap. Di museum ini, dipajang berbagai benda peninggalan manusia Jawa sejak zaman Neolitik hingga koleksi wayang kulit, keris, dan berbagai kesenian Jawa lainnya yang sudah sering kita dengar. Terdapat dua unit Museum Sonobudoyo. Unit I berlokasi di Jl. Pangurakan No 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terletak di Dalem Condrokiranan, Wijilan. Unit museum II yang juga terletak di utara Alun-alun Lor Kraton Yogyakarta juga seringkali menampilkan pentas budaya Jawa berupa pagelaran wayang kulit yang masih sangat klasik karena mempertahankan bentuk aslinya. Namun demikian, pertunjukan ini umumnya digelar dengan ringkas yakni hanya sekitar 2 jam saja. Penyebabnya adalah untuk menyesuaikan dengan para penontonnya yang terdiri atas banyak turis, baik asing maupun lokal.

Terdapat banyak sekali jenis koleksi yang ditempatkan pada ruang yang berbeda-beda pada museum ini. Beberapa ruangan dalam museum Sonobudoyo ini antara lain ruang pendopo, pengenalan, ruang prasejarah, ruang klasik dan peninggalan Islam, ruang batik, ruang wayang, ruang topeng, ruang Jawa Tengah, ruang emas, dan ruang Bali. Pada berbagai ruang itu, kita bisa mempelajari budaya Jawa dalam dimensi waktu dan ruang yang berbeda. Kita bisa belajar kebudayaan Jawa dari masa prasejarah hingga perkembangannya hingga kini di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan jenis-jenis koleksinya yang dipajang dibedakan atas koleksi seni rupa, koleksi filologi, koleksi teknologi, koleksi geologi, koleksi biologi, dan koleksi etnografi.

Karena isinya yang begitu lengkap mengupas jejak-jejak budaya Jawa, rasanya museum ini pantas dijadikan daftar tempat wisata yang patut dikunjungi saat kita hendak berwisata budaya di kota ini. Apalagi, lokasi museum ini juga sangat mudah dijangkau dan berada di pusat kota Jogjakarta. Namun demikian, bukan tidak mungkin kita akan kesulitan menjangkau museum ini bila tidak memiliki kendaraan pribadi. Mengingat kota Jogja memiliki sistem transportasi yang kurang memadai, antisipasi perlu kita lakukan misalnya dengan menyewa motor. Untungnya, jasa sewa motor di kota ini begitu banyak. Salah satu jasa penyewaan motor yang murah namun berkualitas dapat Anda hubungi di 085743130870. Dengan memanfaatkan cara ini, perjalanan Anda ke museum Sonobudoyo pun jadi lebih lancar tanpa kendala transportasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Asyik Budaya Jawa di Museum Sonobudoyo"

Post a Comment