Goa Jomblang yang Menakjubkan di Gunungkidul

Goa Jomblang

Yogyakarta diketahui sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak goa sebagai bagian dari wisata alamnya. Setidaknya, di kawasan Gunungkidul saja terdapat sekitar 500 goa. Goa Jomblang merupakan salah satunya. Daya tarik goa ini sudah diakui banyak wisatawan, khususnya yang menyukai tantangan. Tidak hanya wisatawan lokal, karena pada tahun 2011, goa ini bahkan telah digunakan sebagai salah satu rute dalam acara Amazing Race Amerika. Akses untuk menuju goa dari kota Yogya pun mudah dan cepat, sekitar 1 jam. Lebih puas jika Anda datang menggunakan kendaraan sendiri.

Menelusuri Goa Jomblang dengan Berbagai Lintasannya


Wisata Goa Jomblang mewajibkan Anda membayar tarif yang bisa dibilang sedikit mahal. Harga ini wajar, karena Anda harga tersebut sudah termasuk berbagai peralatan masuk ke dalam goa berikut makan siang. Pengunjung yang boleh masuk pun jumlahnya akan dibatasi setiap waktunya. Mulut goa memiliki ukuran yang besar, jarak bibir dengan dasarnya  yang paling dalam kurang lebih 80 m. Anda disarankan memiliki kemampuan SRT, Single Rope Technique yang merupakan teknik naik turun lintasan vertikal dengan satu tali untuk menikmati keindahan dan tantangan yang goa ini berikan. 

Terdapat empat jalur dalam Goa Jomblang hingga ke dasarnya. VIP merupakan sebutan untuk jalur pertamanya, ini merupakan kategori untuk jalur termudah. Jalur ini memiliki lintasan terjal sepanjang 15 m dan bisa Anda tapaki menggunakan kaki. Pastikan sebelum Anda menyusurinya, perlengkapan SRT Anda sudah digunakan dengan baik dan benar untuk mendukung keselamatan selama menyusuri goa. Setelah melintasi lintasan menggunakan kaki, sisanya dilintasi dengan tali sepanjang 20 m. Anda akan meluncur dan teknik SRT pun akan digunakan. Lintasan lebih sulit untuk jalur selanjutnya dimana Anda harus menggunakan SRT tersebut sejak ketinggiannya 80, 60, dan 40 meter. Bagi pemula, hanya diharuskan melintasinya dengan jalur VIP. Jalur menantang hanya untuk mereka yang sudah terbiasa dan yakin dengan keselamatannya.

Perut goa merupakan lintasan selanjutnya yang akan membuat perasaan campur aduk, antara takut dan penasaran saat menelusurinya. Namun, ketika Anda sampai di dalam perut goa tersebut, yang ada hanyalah rasa takjub. Perut goa ini memiliki hutan hijau yang indah dan menyejukkan mata, ada juga semak, lumut, dan paku-pakuannya. Puas menikmatinya, Anda pun akan dipandu kembali untuk masuk ke dalam mulut goa. Kehati-hatian sangat penting diperhatikan, Anda wajib berpegangan pada tali hingga sampai ke mulut goa tersebut. 

Mulut goa ini bukan akhir perjalanan Anda, Anda masih harus melanjutkan perjalanan wisata Anda di Goa Jomblang menuju Luweng Grubug. Anda akan dibawa masuk kembali melalui sebuah mulut goa yang besar yang antara keduanya dihubungkan lorong yang panjangnya 300 m. Ketika Anda masuk semakin jauh ke dalam, cahaya pun akan terasa semakin mengilang. Namun, hilangnya cahaya tersebut akan memperlihatkan Anda pada ornament cantik di dalam lorong yang bisa dilihat dengan senter yang bisa pemandu bawa. Anda baru benar-benar sampai dan selesai menyusuri goa setelah mendengar suara gemercik air. Untuk kepuasan yang menakjubkan ini, Anda bisa menggunakan kendaraan motor pribadi yang disediakan Mandiri Motor. Untuk reservasinya, Anda bisa menghubungi rental motor antar jemput di Jogja ini di 085743130870.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Goa Jomblang yang Menakjubkan di Gunungkidul"

Post a Comment